Hobi baru


Baru saja saya menemukan surga belanja barang-barang unik berbau etnik. Namanya Qlapa.com. Tagline-nya “Produk handmade dan kerajinan unik dari pengrajin terbaik Indonesia”. Karena penasaran, saya segera masuk ke lamannya. Dan WOW! Apa yang saya cari ada di sana! Mulai dari yang remeh temeh seperti alat makan seperti sendok dan garpu, hiasan dinding, sampai yang serius seperti furnitur. Dan banyak sekali pilihan produk berbau etnik! Surga!

Sudah sejak lama saya sangat menyukai barang-barang etnik. Cirinya, biasanya dibuat dengan tangan (handmade), memiliki motif (tidak polos) dengan warna yang cerah ceria, bahkan kadang dengan pewarna alami lho. Karena dibuat dengan tangan, tidak ada produk yang benar-benar seragam. Saya rasa disitulah keistimewaannya. Seperti khusus dibuat untuk saya sendiri J

Kembali ke surga belanja tadi. Jadi saya sedang gemas-gemasnya dengan berbagai barang-barang untuk dekorasi rumah. Gantungan baju dari kayu di kamar tidur, kemudian kain ulos  saya tempel ke dinding di ruang keluarga, lalu menambah koleksi alat makan atau masak untuk di dapur.

Kadang di akhir pekan, saya niatkan ke pasar-pasar tradisional di sekitar tempat tinggal saya, untuk mencari barang-barang unik tapi murah meriah. Atau ketika ke luar kota, barang-barang unik lah yang membuat saya bahagia untuk repot-repot membawanya pulang. Ada saja lho barang-barang yang saya temukan. Tidak perlu yang mahal-mahal, yang terpenting ada manfaatnya juga, bukan sekedar pajangan untuk dilihat saja.

Jadi ternyata, untuk mendukung produk handmade Indonesia, Qlapa menjadi wadah tempat berkumpulnya para pengrajin. Untuk barang-barang yang sudah saya incar, ternyata merupakan produksi dari Pamekasan, Bantul, Denpasar, dan bahkan NTT. Keren ya! Jadi saya juga bisa menambah koleksi khas dari berbagai daerah di Indonesia. Tanpa perlu ke tempat asalnya. Keajaiban belanja online!

Dengan belanja online, tentu saya bisa leluasa memilih beberapa barang sekaligus, tanpa harus pergi kemana-mana. Beberapa barang juga bisa dibuat sesuai pesanan lho. Asik kan?! Harganya juga masih masuk akal, ada yang murah meriah karena merupakan barang-barang kecil, tapi ada juga yang harganya cukup tinggi, mungkin dengan pertimbangan bahan dan kesulitan pengerjaan. Tapi saya bisa yakin dengan kualitas, karena pasti telah dikurasi oleh tim Qlapa. Pasti hanya pengrajin yang bisa menjamin kualitasnya saja yang bisa bergabung dengan komunitas Qlapa.

Setiap barang yang saya sukai akan saya cek dulu deskripsinya. Informasi mengenai barang seperti ukuran dan dimensi, stok yang tersedia, dan saingan kita hahaha. Penting lho ini! Biar semakin semangat segera memasukkan ke keranjang belanja. Pesan saja dulu sebelum kehabisan J Dan hey, ternyata saya juga bisa langsung “mampir” ke toko virtual si pengrajin. Klik saja di bagian kanan bawah tombol “Lihat Toko”. Saya seperti diajak ke toko favorit, dimana toko tersebut memajang koleksi barang sejenis yang saya sukai. Mari kita lihat-lihat lagi pilihannya.

Sejenak saya merasa bingung karena terlalu banyak pilihan, dan semuanya bagus-bagus sekali. Sungguh sebuah dilema. Saya beralih ke menu “Pilihan Editor” di bagian kiri atas. Pilihan editor akan memberikan referensi barang dalam seminggu. Ternyata kali ini yang menjadi pilihan editor adalah tas etnik. Duh kalau tidak ingat dengan budget pribadi bisa lupa diri di laman ini.

Ah masih bingung memilih nih, yang mana yang akhirnya akan meluncur ke rumahku. Kamu gimana? Coba deh kunjungi lamannya dan bisa cerita di kolom komentar di bawah ya J

Komentar

Postingan Populer